7 Agenda Selama Umrah, Sudah Tau Belum?

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 20 Agustus 2024, 15:25:39

Mungkin kebanyakan orang yang menyangka bahwa ibadah memerlukan waktu yang lama. Sebab, biasanya, sebuah perjalanan ibadah umrah berdurasi antara 9 hingga 12 hari. Ternyata, untuk melaksankan rukun umrah hanya memerlukan waktu antara 3-12 jam saja! Wah, kalau demikian, ngapain aja ya aktivitas saat umrah?

Sebenarnya, banyak kok agenda yang bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu umrah Anda. Selain menunaikan rukun wajib umrah, Anda juga dapat menjalankan agenda lain yang tentunya harus didominasi dengan kegiatan ibadah.

smartphone-570507_1280.jpg

Image by bohed from Pixabay

Sayang sekali, apabila Anda menghabiskan waktu-waktu di tanah haram, dengan melakukan hal-hal yang tidak mendapat pahala. Meskipun di jadwal itinenary dari biro umrah sudah jelas jadwal agenda yang akan kita jalani, namun tidak ada ruginya Anda membuat sendiri jadwal kegiatan supaya Anda bisa memaksimalkan beribadah di tanah suci. Setidaknya, ada 7 aktivitas yang bisa Anda lakukan selama umrah.

1) Melaksanakan Rukun Umrah

Pokok dari perjalanan umrah adalah melakukan rukun umrah : ihram, tawwaf, sa'i, tahallul dan tertib. Seperti yang telah kami bahas di atas, durasi untuk menjalankan umrah adalah 3-12 jam. Jadi, Anda dapat melakukan umrah berkali-kali saat berada di Baitullah.

Waktu yang Anda habiskan dalam perjalanan pergi dan pulang umrah sudah cukup menghabiskan keseluruhan waktu umrah Anda. Seperti waktu untuk naik pesawat saja minimal 9 jam, belum lagi perjalanan dari dan ke tempat penginapan, perjalanan dari makkah ke madinah sekitar 14 jam PP, dll. Jadi, gunakan waktu semaksimal mungkin untuk menjalani rukun umrah.

2) Shalat Fardhu Berjamaah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Kegiatan lain yang tak kalah penting adalah sholat 5 waktu. Tentunya, shalat 5 waktu di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram pantang untuk diabaikan. Sebab, pahala shalat di kedua masjid agung tersebut sangat berlimpah.

Beribadah Shalat di Masjidil Haram nilainya 100.000 kali lipat pahalanya dibandingkan shalat di masjid lain. Sedangkan beribadah shalat di Masjid Nabawi nilainya 1000 kali lipat dibandingkan shalat di masjid lain kecuali Masjidil Haram.Tentunya, menunaikan shalat lima waktu di Masjidil Haram ini sangat utama, masa iya kita melakukan ibadah sunnah namun malah meninggalkan ibadah wajibnya?

3) Melaksanakan Ibadah Sunnah di Masjidil Haram

Selain shalat wajib di Masjidil Haram, Anda juga dapat melakukan ibadah sunnah di Masjidil Haram seperti shalat dhuha, shalat rawatib, shalat tahajjud, dan shalat sunnah lainnya. Anda juga dapat melaksanakan ibadah lainnya seperti berdiam diri di masjid, membaca shalawat, bersedekah, berpuasa sunnah, dan seterusnya. Perbanyak ibadah sunnah Anda selama di tanah suci, agar Anda dapat meraup keuntungan pahala sunnah saat berumrah.

4) Ibadah Sunnah di Masjid Nabawi

cami-3724921_1280.jpg

Image by Konevi from Pixabay 

Hampir sama dengan beribadah sunnah di Masjidil Haram, Anda jangan sampai melewatkan kesempatan beribadah di Masjid Nabawi. Terutama di Raudatul Jannah atau Raudhah, Anda boleh beri'tikaf, shalat sunnah, bersalawat, memperbanyak dan berdoa di Masjid Nabawi dan di Raudhah, agar kesempatan meraup pahala terbaik bisa Anda dapatkan.

5) Melaksanakan Shalat Sunnah di Masjid Quba

Ada suatu amalan yang jangan sampai dilewatkan begitu saja saat ibadah umrah, yaitu ibadah shalat sunnah di masjid Quba. Menurut dari Hadits Rasullullah SAW yang mana diriwayatkan oleh Abu bin Sahl bin Hunaif RA, ia pernah mendengar bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: ” Barang siapa yang bersuci di rumahnya, lalu mendatangi Masjid Quba, lalu ia sholat di dalamnya, maka untuknya akan memperoleh pahala seperti pahala Umrah” . (HR. Tirmizi no. 298, Ibnu Majah nomor 1401)

Masjid Quba ini letaknya di Madinah. Biasanya, ada agenda untuk mengunjungi masjid ini saat pagi hari, jadi Anda dapat melaksanakan shalat dhuha di Masjid Quba untuk mendapat keutamaannya.

6) Membaca Ayat-ayat Allah dan Berdzikir

Usahakan Anda selalu tetap terjaga dari wudhu dan membawa mushaf Al Qur'an supaya Anda dapat membaca Al Quran kapan saja. Apalagi saat menunggu waktu-waktu ibadah shalat, sayang sekali jika Anda mengisinya dengan kegiatan yang kurang berfaedah.

senantiasa basahi lisan Anda untuk melantunkan ayat-ayat suci Al Qur'an dan berdzikir, sehingga Anda menjadi lebih tenang dan khusyu dalam melaksanakan ibadah. Melupakan sejenak kegatan duniawi yang Anda kerjakan di luar waktu umrah.

7) Memanjatkan Doa di Tempat-tempat Mustajab

Nah, inilah kegiatan paling ditunggu yang biasanya selalu direncanakan oleh jamaah umrah. Ya, memanjatkan doa di tanah suci adalah kesempatan yang tidak ternilai harganya, sebab Anda sedang bertamu di Baitullah. Jadi, berdoa sebaik-baiknya, sebanyak-banyaknya sesuai dengan cita-cita kita. Biasanya, kita juga mendapat titipan permohonan doa dari keluarga, sahabat, dan rekan kita. 

Jadi, berdoalah, daripada sibuk berswa foto, shopping, wisata kuliner, sebaiknya Anda dijadwalkan khusus untuk memanjatkan doa dan siapkan catatan doa dari rumah agar tidak ada yang terlewat.

Itulah aktivitas yang dapat memperbanyak bobot pahala umrah kita. Umrah merupakan ibadah yang memerlukan pengorbanan yang tidak sedikit baik dari segi materi maupun dari sisi fisik. Oleh karena itu, kita jangan sampai lengah, dengan mengisi aktivitas di waktu umrah kita semaksimal mungkin. Jangan terlena dengan tergoda berbelanja dan menjajal kuliner khas timur tengah saja, ya!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id