10 Hal yang Harus Anda Siapkan Bagi yang Baru Pertama Kali Umrah

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 29 Mei 2023, 06:29:49

ibrahim-uz-3Z3RvzpVAqM-unsplash.jpg

Bagi Anda yang baru pertama kali akan melaksanakan ibadah umrah, Anda pastinya bingung tentang hal yang harus Anda persiapkan sebelum umrah. Mulai dari dokumen, registrasi, barang-barang, dan lain sebagainya. Hal ini harus diperhatikan, karena jika ada yang tidak lengkap dipersiapkan, maka Anda bisa jadi tidak bisa tenang beribadah umrah di tanah suci.

Nah, sebagai visualisasi apa yang harus Anda persiapkan sebelum berangkat umrah, Anda bisa menyimak artikel berikut ini dari awal hingga akhir.

Persiapan Jasmani

Hal pertama yang harus diketahui adalah umrah sama halnya dengan haji, yaitu rukun-rukunnya membutuhkan kebugaran fisik yang prima. Maka dari itu, jamaah umrah yang hendak melaksanakan umrah setidaknya harus ada persiapan satu bulan sebelumnya untuk menyiapkan fisik yang kuat agar ibadah umrahnya lancar.

man-1245658_1280.jpg

Image by Free-Photos from Pixabay

Anda bisa menjaga kesehatan dengan makan makanan yang bernutrisi, serta mengkonsumsi makanan tambahan seperti madu, vitamin, dan seterusnya. Anda juga bisa mulai merutinkan berolahraga, seperti lari pagi, senam, atau olahraga lainnya. Dengan bekal fisik yang kuat akan menunjang kelancaran Anda dalam beribadah umrah di tanah suci.

Persiapan Rohani

Selain jasmani yang prima, Anda juga wajib mempersiapkan rohani Anda supaya bisa benar-benar tenang dalam beribadah umrah. Ibadah umrah membutuhkan niat yang tulus beribadah semata karena Allah SWT, serta keikhlasan dari hati. Karena bagi orang yang melaksanakan umroh berarti harus meninggalkan pekerjaan dan sanak keluarga untuk sementara. Selain itu, Anda juga harus menghabiskan sejumlah biaya yang wajib dibayarkan melalui biro travel umrah yang Anda pilih.

Persiapan Dokumen

Kelengkapan data yang wajib dipenuhi sebelum melaksanakan umrah antara lain KTP|Kartu Identitas Diri|Kartu Tanda Penduduk), paspor, visa, surat vaksinasi, buku tanda nikah, tiket pesawat, bukti tanda terima pemesanan penginapan, tanda bukti pembayaran, dan lain-lain.

Persiapan Barang Bawaan

Nah, ini adalah persiapan yang harus diperhatikan. Sebaiknya, Anda membawa maksimal tiga tas dan koper yang berfungsi membawa barang bawaan Anda. sebuah koper berukuran besar, satu tas jinjing, dan satu tas berukuran kecil. Masing-masing dapat dipenuhi dengan barang bawaan sesuai keperluan. Misal untuk baju ditaruh dalam koper, tas jinjing untuk membawa alat-alat mandi, obat-obatan dan kelengkapan dokumen, sedangkan tas kecil untuk membawa kelengkapan identitas, tisu, lotion, dan lainnya.

Belajar Tentang Umroh

laptop-820274_1280.jpg

Image by fancycrave1 from Pixabay 

Hal ini terkadang terlupakan, padahal semestinya hal ini adalah langkah yang cukup penting untuk dilakukan. Sama pentingnya saat kita akan melakukan suatu ibadah, kita wajib memahami syarat sahnya, apa saja rukunnya, urutannya supaya tertib, apa saja aturannya, dan doa yang harus diucapkan. Anda dapat mencari referensinya yaitu dengan membaca buku panduan ibadah umrah, berselancar di internet tentang umrah, dan sharing dengan orang yang telah melaksanakan umrah.

Menentukan Pilihan Jasa Travel Umroh yang Terpercaya

Sebaiknya, Anda memilih biro jasa travel umrah yang terpercaya. Anda bisa memastikannya dengan cara melihat ulasan pengguna jasa yang telah diberangkatkan, juga melihat profil serta riwayat travel umroh tersebut. Apabila travel umrah Anda telah memakai software khusus aplikasi umrah sehingga informasi layanan mereka bisa Anda cermati melalui online, misalnya dengan mengakses web, mendapat pemberitahuan email dan pesan singkat untuk kelanjutan pendaftaran Anda, dan seterusnya.

Membawa Obat-obatan Pribadi

Apabila Anda memiliki riwayat kesehatan yang kurang baik, mempunyai alergi yang spesifik, dan membutuhkan meminum obat-obatan khusus, Anda perlu membawa obat-obatan khusus yang harus Anda sertakan saat pelaksanaan ibadah umrah. Selain obat khusus, obat-obatan yang umum seperti P3K dan minyak angin, juga bisa Anda siapkan secukupnya.

Menyiapkan Barang-barang Khusus Wanita/Pria

Barang-barang spesifik wanita banyak macamnya, misal pakaian khusus wanita untuk umrah, mukena, jilbab, peniti, dalaman hijab, kaos kaki, dalaman, dan sebagainya.

Untuk laki-laki, karena memakai kain ihram tanpa jahitan, Anda bisa membawa kain ganti dan juga pakaian ganti ihram yang dibutuhkan. 

Merencanakan Doa-doa Sebelum Pelaksanaan Ibadah Umrah

Saat umrah, biasanya ada banyak doa yang ingin Anda ungkapkan. Ada pula titipan doa dari kerabat dan juga sahabat. Supaya selalu ingat, siapkan kertas khusus doa, supaya Anda ingat dan tidak terlewat saat memanjatkan doa di tempat-tempat mustajab.

Persiapan Suplemen untuk Menjaga Kekuatan dan Kesehatan Saat Pelaksanaan

Penting sekali memperkuat ketahanan fisik saat mrelakukan ibadah umrah. Anda dapat memasukkannya dalam daftar barang bawaan, masukkan di tas kecil sehingga Anda bisa mengkonsumsinya sewaktu-waktu.

Nah, itu tadi 10 hal yang wajib Anda persiapkan sebelum umrah. Bicarakan dengan layanan travel umrah Anda serta ustad pemandu apa yang harus dan tidak harus disiapkan. Semoga membantu!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id