Menyingkap Rahasia Gerakan Thawaf dan Keistimewaannya

Kategori : Umrah, Haji, Ditulis pada : 19 Juni 2023, 15:30:31

14.jpg

Saat melaksanakan kegiatan ibadah haji atau umrah, kita mengetahui salah satu rukun yang bernama thawaf. Thawaf adalah aktifitas mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali. Biasanya, 3 putaran awal thawaf Anda diharuskan berputar dengan berlari-lari kecil dan 4 putaran selanjutnya dilakukan dengan berjalan biasa.

Gerakan ketika thawaf putarannya berlawanan dengan arah jarum jam, sehingga posisi Ka’bah selalu ada di sebelah kiri Anda. Hal ini memiliki makna khusus yang nantinya kita bahas di akhir artikel ini. Jadi, simak hingga akhir ya!

Tentu saja, kegiatan ini menjadi sangat sakral karena hanya bisa dilakukan di Masjidil Haram, tempat di mana Ka’bah bertempat. Tidak sembarang bangunan dapat dijadikan tempat pelaksanaan thawaf. Sebab ini adalah salah satu rukun haji dan umrah, sehingga apabila tak dikerjakan maka ibadah haji dan umrah Anda menjadi batal.

 

Ada 5 macam thawaf yang biasanya dilakukan. Antara lain:

Thawaf Qudum

Thawaf qudum disebut juga thawaf selamat datang, yaitu thawaf yang dilaksanakan ketika Anda sampai di kota Makkah. Sebagai pengganti shalat tahiyatul masjid, Rasulullah melaksanakan thawaf qudum setibanya di Masjidil Haram. Hal ini menjadi dasar dilaksanakannya thawaf qudum.

Thawaf Ifadhah

Thawaf ifadhah merupakan thawaf yang harus dilakukan sebagai rukun haji serta umrah, yang apabila tak dikerjakan maka haji dan umrahnya batal. Mengingat pentingnya thawaf ifadhah, maka Anda sebisa mungkin memahami tata cara melaksanakannya dengan jelas.

Thawaf Sunnah

Thawaf sunnah merupakan thawaf yang dapat dikerjakan kapanpun. Anda dapat mengerjakan thawaf kapanpun ketika berada di Masjidil Haram. Manfaatkanlah waktu-waktu misalnya sebelum shalat fardhu, untuk mengerjakan thawaf sunnah agar meraih pahala yang berlipat dan memperoleh ridho dari Allah SWT.

Thawaf Nazar

Thawaf nazar dikerjakan apabila Anda mempunyai nazar atau janji untuk mengerjakan thawaf. Thawaf nazar dilakukan untuk memenuhi janji yang telah diucapkan.

Thawaf Wada’

Thawaf wada’ merupakan thawaf perpisahan, biasanya dilakukan saat hendak meninggalkan tanah suci untuk pulang ke tanah air. Thawaf ini dikerjakan sebagai penghormatan umat muslim kepada Baitullah.

Ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan sebelum mengerjakan thawaf. Usahakan supaya Anda selalu dalam kondisi suci saat mengerjakan thawaf. Jadi, selalu ambil wudhu sebelumnya. Bagaimana kalau batal di tengah-tengah melaksanakan thawaf? Anda bisa langsung berwudhu atau bertayamum, lalu baru melanjutkan thawaf sesuai jumlah putaran yang telah dilaksanakan.

the-man-who-drank-the-water-4067318_1280.jpg

Image by İbrahim Mücahit Yıldız from Pixabay

Tentang tata cara melaksanakan thawaf sendiri, akan dijelaskan dalam beberapa poin berikut ini:

  1. Mengambil air wudhu atau bersuci sebelum mengerjakan thawaf. Wanita yang sedang menstruasi dan nifas tidak diperkenankan melaksanakan thawaf.
  2. Berjalan ke sekitar Hajar Aswad, jika bisa disunnahkan mencium hajar aswad. Jika tidak memungkinkan cukup mengangkat tangan ke arah hajar aswad untuk isyarat, dan mengucapkan salam bismillahi wallahu akbar.
  3. Mulai melakukan putaran thawaf, dengan berjalan cepat di putaran pertama sampai ketiga dan berjalan seperti biasa pada empat putaran selanjutnya.
  4. Saat tiba di Rukun Yamani, berjalan sambil mengusap Rukun Yamani. Apabila tidak dapat mengusapnya, maka cukup dengan isyarat. Setelah melewati Rukun Yamani sampailah kembali di Hajar Aswad, maka tanda berakhirnya satu putaran penuh.
  5. Apabila telah selesai melaksanakan 7 putaran thawaf, maka diakhiri dengan shalat sunnah 2 rakaat di belakang maqam ibrahim. 

Demikian tata cara pelaksanaan rukun thawaf, Anda bisa mempelajarinya dengan cermat supaya memahami apa saja yang harus Anda lakukan ketika thawaf. Juga disunnahkan untuk memanjatkan doa-doa saat thawaf, misalnya membaca Allahuakbar atau bismillahi wallahuakbar ketika melewati hajar aswad.

Juga saat melewati tempat di antara Rukun Yamani serta Hajar Aswad, disunnahkan memanjatkan doa sapu jagad yaitu rabbana aatina fiddunya hasanah wa fil akhirati hasanah waqinaa adzabannar. Selain itu Anda bisa berdoa apa saja yang Anda kehendaki, karena kata-kata yang terucap ketika mengerjakan thawaf merupakan doa atau kebaikan.

Nah, thawaf sendiri mempunyai banyak keutamaan yang tentunya menjadikan Anda semakin bersemangat untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah. Keutamaan tersebut diantaranya:

  • Merasakan suasana selayaknya di Arsy, karena seorang yang berada di Baitullah adalah tamu Allah.
  • Memperoleh ganjaran sama dengan memerdekakan budak dari Bani Ismail, saat melaksanakan shalat sunnah dua rakaat di akhir thawaf.
  • Allah akan mengampuni segala dosa yang telah lewat saat melakukan thawaf wada’.
  • Setiap kata-kata yang terucap ketika thawaf bernilai kebaikan, malaikat ikut mendoakan hal yang sama seperti yang Anda ucapkan senilai 10 kali kebaikan.
  • Ketika berhadapan dengan Hajar Aswad sama halnya Anda sedang menghadap pada Allah.
  • Dapat diampuni segala dosa seperti bayi yang baru lahir jika bisa melaksanakan thawaf sunnah sebanyak 50 kali.

Inti dari thawaf menyimpan rahasia dan hikmah di dalamnya. Gerakan berputar mengelilingi Ka’bah seperti bumi yang tidak berhenti berputar pada porosnya. tujuh kali berarti seperti banyaknya jumlah hari dalam seminggu.

Hal ini bermakna, manusia diperintahkan untuk selalu berdoa, berdzikir dan mendekatkan diri kepada Allah sepanjang waktu tanpa henti. Terus berulang layaknya gerakan thawaf sejumlah 7 kali yang berarti seminggu. Thawaf tidak hanya dilakukan oleh manusia. Ada pula malaikat yang selalu ber thawaf memutari Arsy tanpa jeda.

Thawaf dapat kepada Sang Pencipta, gerakannya yang memutar melawan arah jarum jam bermakna perenungan tentang untuk apa saja waktu kita lewatkan apakah dengan hal baik atau keburukan.

Itulah keistimewaan thawaf dan rahasia di balik gerakan rukun thawaf dalam haji dan umrah. Semoga dapat mempertebal keimanan dan semakin mendorong Anda untuk menunaikan haji dan umrah serta melaksanakan banyak thawaf saat berada di Baitullah.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id